Pendampingan Individu 1 CGP A.11 oleh Pengajar Praktik di SMP N 8 Kota Bima
SMP N 8 Kota Bima - Terlaksana dengan lancar kegiatan pendampingan individu pertama oleh Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak angkatan 11 hari ini Senin 15 Juli 2024 di SMP N 8 Kota Bima. Kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu dari rangkaian program pendidikan bagi calon guru penggerak oleh Ditjen GTK Kemdikbud. Selaku pengajar praktik ibu hebat Laila Candra Dewi, S.Pd yang mendampingi calon guru penggerak SMP N 8 Kota Bima ibu Rahmi, M.Pd.
Diawali dengan pendampingan bersama bapak kepala SMP N 8 Kota Bima bapak Ridwan, S.Ag sebagai bentuk dukungan sekolah atas pelaksanaan pendidikan guru penggerak, saya menaruh banyak harapan dari guru penggerak sekarang untuk melakukan perubahan terhadap ekosistem sekolah, terutama menggerakkan rekan rekan guru yang lain untuk sama sama belajar dan saling memberi dorongan yang positif untuk kemajuan pendidikan khususnya di SMP N 8 Kota Bima, ungkap pak Ridwan.
Selanjutnya pendampingan dilakukan oleh ibu pengajar praktik hebat ibu Laila Candra Dewi. Ibu PP melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan di SMP N 8 Kota Bima ini, halaman yang begitu luas ini bisa dijadikan taman dan dijadikan forum diskusi untuk saling belajar, ungkap beliau. Bu Dewi melanjutkan dengan memberikan arahan dengan pertanyaan yang mendukung calon guru penggerak setelah melewati pendidikan guru penggerak dalam 1 bulan ini. Dimulai dari apa saja proses selama satu bulan berjalan, apa yang telah dilakukan, bagaimana harapan harapan atau kekhawatiran selama menjalani proses belajar daring, apakah masih ada kendala atau harapan yang sudah terlaksana, dan juga bagaimana dukungan sekolah atas pelaksanaan cgp ini.
Tidak terasa waktu tiga jam berjalan dengan cepat karena banyak sharing ilmu yang dilakukan antara PP dan CGP. Selaku CGP yang didampingi ibu Rahmi mengungkapkan Alhamdulliah setelah menjalani proses selama sebulan pendidikan guru penggerak ini saya bisa memahami dan menyadari bagaimana tugas sebagai seorang guru yang menuntun segala kodrat yang ada pada diri murid sesuai dengan potensi anak sehingga mereka merasa merdeka dan bisa mencapai kebahagian dan keselamatan baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Saya sudah mulai memahami karakter dan potensi anak dengan melakukan diagnosis awal, membuat kesepakatan kelas, memberikan pembelajaran yang menyenangkan, dsb. Saya juga banyak memahami bagaimana nilai dan peran sebagai guru penggerak untuk mewujudkan murid yang berprofil pelajar Pancasila dengan nilai keberpihakan pada murid, mandiri, reflektif, kolaburatif dan inovatif. Besar harapan juga sebagai guru penggerak saya mampu mewujudkan peran sebagai guru penggerak yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mewujudkan kepemimpinan murid, mendorong kolaburasi dan menggerakkan komunitas belajar, tambah ibu Rahmi.
Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan portofolio digital. Walaupun sudah disampaikan waktu lokakarya orientasi ibu PP hebat kembali mendampingi dengan kemampuannya yang luar biasa tentang pembuatan portofolio digital ini. Portofolio dibuat sebagai bahan untuk melengkapi tugas akhir nanti selama beberapa bulan kedepan dalam pendidikan guru penggerak. Salam sehat dan bahagia, semoga proses pendidikan guru penggerak selama 6 bulan berjalan dengan baik dan lancar. Humassmp8kobi